Temukan Berita Terbaik

Kabar

Kolaborasi Kominfo-BUMN Untuk Mengembangkan Ekosistem Digital

Jakarta, Komite.Id – Pengembangan ekosistem digital menjadi kunci percepatan transformasi digital Indonesia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di seluruh pelosok wilayah Indonesia.

Kementerian Kominfo memfasilitasi sinergitas ekosistem digital di Indonesia untuk menggerakan inisiatif-inisiatif yang mendorong pertumbuhan dan memperkuat startup digital di Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian BUMN menggelar HUB.ID x Next Billion Ecosystem Festival (Nex-BE Fest) 2023. Wamenkominfo Nezar Patria menyatakan kolaborasi itu ditujukan untuk mengembangkan startup dan ekosistem digital nasional.

“Sesuai slogan Hub.ID “Start With Network”, Kementerian Kominfo berkomitmen memajukan ekosistem ekonomi digital Indonesia dengan mempertemukan pelaku startup, mitra, dan investor,” jelasnya kepada jurnalis dalam Pembukaan HUB.ID Accelerator Partner Day x Nex-BE Fest 2023 di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (13/09/2023).

Selain program ini hadir pula HUB.ID Accelelator, yaitu program untuk meningkatkan akses kerja sama bisnis dan kemitraan pelaku bisnis match making antara startup binaan dengan perwakilan kementerian, BUMN dan pemerintah.

Sudah tiga kali diadakan, Kominfo dalam hal ini berperan sebagai fasilitator, mendukung, mendorong perkembangan startup digital Indonesia. “Ini merupakan suatu perkembangan yang sangat bagus, di mana jumlah startup kita berada di nomor 6 terbesar di dunia dan Indonesia termasuk Asia Tenggara adalah tempat di mana pertumbuhan startup digitalnya relatif paling baik,” ungkap I Nyoman Adhiarna, Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika.

Menurut Johnny, dalam mengembangkan startup digital Indonesia diperlukan adanya dorongan percepatan melalui akses network yang lebih luas. Lewat Program HUB.iD, Kementerian Kominfo terus berupaya memfasilitasi pelaku startup digital berkolaborasi dengan inovator dan investor.

“Hadirnya program HUB.ID sebagai salah satu jawaban untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi dari para inovator dalam menghadirkan terobosan di ekosistem ekonomi digital Indonesia,” ujarnya. Menkominfo menjelaskan HUB.ID dirancang sebagai program business matchmaking yang mempertemukan startup digital dengan pihak yang memiliki kebutuhan inovasi dan strategi bisnis yang sama.

“Melalui kegiatan day HUB.IB hari ini, saya mengharapkan agar startup digital mendapatkan komitmen investasi yang akan membantu peningkatan kemampuan startup digital dalam memperluas layanan kepada masyarakat,” ungkapnya. Selain itu, HUB.ID juga membuka ruang bagi startup untuk memperoleh akses pendanaan kerja sama bisnis dan kemitraan. Hal itu berlangsung dalam tahapan proses speed mentoring, business matchmaking, networking dan demo day atau sesi presentasi.

“Melalui summit ini, Nexticorn menyiapkan wadah untuk tech startup hadir, mempresentasikan bisnis model, pencapaian dan technological advancement dan digital platform mereka, serta di sisi lain ikut mengundang venture capital, para penyokong dana dan sponsor dari bermacam-macam partner untuk hadir dan melakukan match making,” jelas Founding Board Member Nexticorn Foundation, David Rimbo.

Menurut Wamenkominfo dalam HUB.ID Accelerator Partner Day x Nex-BE Fest 2023, sebanyak 80 startup digital dan 80 mitra akan berkolaborasi dan saling bekerja sama.

“Startup yang memenuhi kriteria akan dapat mengikuti serangkaian aktivitas dalam acara. Dalam waktu dua hari, saya berharap akan menghasilkan kolaborasi positif untuk menjalin kolaborasi serta menghasilkan beragam inovasi,”ungkapnya.

Startup digital yang terlibat dalam kegiatan ini bergerak dalam berbagai bidang, antara lain: healthcare, financial technology, education technology, logistic, agriculture, SME enabler, enterprise dan multisector.

“Sama seperti startup yang bergerak dalam berbagai bidang, mitra bisnis yang dihadirkan dalam kegiatan ini pun merupakan perwakilan dari berbagai lembaga Pemerintah Pusat dan Daerah, BUMN, korporasi swasta, serta institusi pendidikan,” jelas Wamen Nezar Patria.

Menurut Wamenkominfo, HUB.ID Accelerator Partner Day x Nex-BE Fest 2023 bukan hanya hasil kolaborasi antara Kementerian Kominfo dengan Kementerian BUMN saja, namun merupakan hasil sinergi lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan.

“Melalui kolaborasi ini, mari kita terus perkuat ekosistem startup digital Indonesia guna mendorong laju pertumbuhan ekonomi digital bangsa,” harapnya.

Dalam Pembukaan HUB.ID Accelerator Partner Day x Nex-BE Fest 2023, Wamenkominfo Nezar Patria didampingi Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dan Direktur Ekonomi Digital I Nyoman Adhiarna.

Hadir pula, Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN  Tedi Bharata, Direktur Strategic Portfolio Telkom Indonesia Budi Setyawan Wijaya, CDIO Telkomgroup Fajrin Rasyid, dan CEO MDI Ventures Donald Wihardja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *