BeritaBisnis

Pameran Megabuild & Keramika 2023 digelar, Hadirkan Ratusan Tren Baru Produk Bahan Bangunan, Interior, Dan Keramik

Jakarta, Komite.id – Panorama Media kembali berkolaborasi dengan Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI) menggelar pameran KERAMIKA INDONESIA yang sempat tertunda selama pandemi. Pameran KERAMIKA INDONESIA ini kali ini diadakan bersamaan dengan pameran MEGABUILD INDONESIA (MBI) pada Kamis-Minggu, 23-26 Februari 2023 Jakarta Convention Center, Senayan. Kedua pameran ini kembali menjadi sebuah pameran terbesar di pusat kota Jakarta untuk sektor bidang bahan bangunan, interior, arsitektur, dan industri keramik di Indonesia.

Sebagai informasi, pameran MEGABUILD INDONESIA edisi ke-20 dan KERAMIKA INDONESIA edisi ke-9 tahun ini akan diikuti oleh lebih dari 400 merek dari 12 negara dan regional seperti Singapura, Malaysia, Korea, India, China, Vietnam, Italia, Jepang, Jerman, Taiwan, Thailand, dan tentunya Indonesia.

Seperti yang kita tahu, kegiatan infrastruktur menggeliat paska pandemi Covid-19, ditambah adanya komitmen pemerintah dalam penggunaan barang dan jasa dalam negeri menjadi angin segar bagi sektor konstruksi untuk tetap terus tumbuh. Di tahun 2023 ini, industri konstruksi diperkirakan tetap tumbuh sebesar 5,78%, dan ini didorong oleh tiga penggerak pasar konstruksi di Indonesia yaitu: residensial, industrial, infrastruktur.

Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI), Edy Suyanto mengungkapkan tidak hanya infrastruktur, kapasitas produksi keramik nasional tercatat sudah mencai 79% di tahun 2022, dan ini merupakan angka utilisasi kapasitas produksi keramik tertinggi sejak 2014. “Melanjutkan kinerja tahun 2022, industri keramik diprediksi tetap melaju di tahun 2023, ketidakpastian ekonomi tetap terus menciptakan peluang baru untuk kami,” tutur Edy, dalam keterangan tertulis yang diterima Komite.id, Kamis (16/02)

Disampaikan Edy bahwa proyeksi tingkat utilisasi dan kapasitas produksi keramik terus naik ke level 83-85% dan juga target pertumbuhan penjualan ekspor keramik sekitar 5% di tahun 2023 ini.

Pertumbuhan infrastuktur, bahan bangunan, dan juga keramik ini menjadi suatu bukti bahwa perekonomian Indonesia tetap terus berjalan ke arah semakin positif. Bahkan biro statistik merilis kinerja ekonomi Indonesia di tahun 2022 tumbuh 5,31% dibandingkan dengan tahun 2021. Seluruh 17 lapangan usaha tumbuh positif dan memimpin di sektor-sektor yang paling menentukan seperti industri perdanganan, pertambangan, pertanian dan juga konstruksi. Ini membuktikan tren positif dan tumbuh yang mengesankan.

Selain itu, perkembangan yang positif bukan hanya dari segi industri, tetapi juga dari segi konsumen. Perubahan dari gaya hidup konsumen yang lebih mengutamakan kesehatan, efektifitas, ramah lingkungan hingga pemanfaatan teknologi yang lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya perihal kebutuhan sehari-hari tetapi juga pada pemilihan produk bahan bangunan, renovasi, interior hingga konstruksi. Perubahan dari gaya hidup konsumen membuat para pelaku bisnis industri ini terus beradaptasi dan berinovasi dalam menghadirkan berbagai macam produk, teknologi, dan juga layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen atau perubahan yang terjadi pada saat ini.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur Panorama Media, Royanto Handaya mengungkapkan perkembangan paska pandemi dari segi industri dan konsumen menjadi dorongan yang begitu kuat dalam Pameran Megabuild Indonesia & Keramika Indonesia 2023.

“Terlebih lagi dengan pencabutan Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo,” tutur Royanto, dalam Press Conference Pameraan Megabuild & Keramika Indonesia, di GoWork Coworking Space, Central Park Mall, Jakarta.

Antusias dari para pemilik merek untuk bergabung di edisi kali ini meningkat tajam dari edisi-edisi sebelumnya, hal ini dikarenakan kehausan untuk memamerkan produk, tren, teknologi dan inovasi terbaru mereka, bahkan diantaranya adalah tampilan perdana.

“Kami menghadirkan ratusan produsen, merek, produk, dan juga inovasi yang dapat menjadi solusi atas perubahan gaya hidup masyarakan paska pandemi, “ucap Royanto Handaya lagi.

Sebagai ASEAN’s only Dedicated Ceramic Event yang sekaligus merupakan pameran industri keramik terbesar di ASEAN, Pameran KERAMIKA INDONESIA kali ini menghadirkan banyak produk  dan program terbaru.

“Awal tahun adalah waktu yang tepat bagi sejumlah produsen dan pemilik merek untuk mengeluarkan hal terbaru, baik itu produk, teknologi, inovasi, desain produk dan bahkan tren desain terbaru khususnya segmen tiles yang akan berlaku sepanjang tahun”, kata ketua Panitia penyelenggaraan Pameran KERAMIKA INDONESIA, Desi Natalia.

Diikuti oleh pemain-pemain besar Keramik Indonesia seperti Roman, Arwana, Niro, Milan, KIA, Essenza, Kanmuri, dan Indogress, pameran ini akan menjadi ajang yang sangat seru karena semua merek berlomba-lomba menampilkan yang terbaik.

Selain keseruan dari para pelaku bisnis, kedua pameran ini juga diisi dengan puluhan kegiatan yang berlangsung selama 4 hari pameran seperti acara seperti Keramika Conference 2023, business matching, Indonesia Trade Connect Program, The Latest Innovation & Technology showcase, Seminar dan workshop, Ceramic Charity hingga tawaran harga produk dengan promo-promo khusus dan menggiurkan yang dapat diperoleh dan dinikmati oleh para pengunjung. Khusus pengunjung VIP dapat menikmati fasilitas Business Lounge secara Gratis yang dipersembahkan oleh GoWork Coworking Space di pameran tersebut.

Pengunjung dapat bekerja ataupun meeting di Business Lounge GoWork yang dirancang dengan nuansa Coworking Space yang nyaman digunakan. GoWork sendiri merupakan penyedia ruang kerja bersama dan sewa kantor terkemuka di Indonesia dengan konsep yang modern dan telah tersebar di 25 lokasi di seluruh Indonesia.

Dukungan Segenap Asosiasi Profesi

Untuk mensukseskan pagelaran ini, Pameran MEGABUILD INDONESIA dan KERAMIKA INDONESIA 2023 didukung oleh berbagai asosiasi profesi seperti Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI), Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI), Green Building Council Indonesia (GBCI), Green Product Council Indonesia (GPCI), Kontraktor Interior Desain Indonesia (KIDI), Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI) dan lain sebagainya.

Selanjutnya, Ketua Umum Himpunan Desainer Interior Design (HDII) Nasional, Rohadi, mengatakan kedua pameran ini merupakan ajang yang ditunggu-tunggu oleh segenap desainer interior.

“Dengan bertambah jumlah interior desainer di Indonesia setiap tahunnya, pameran ini terus menjadi sarana bagi para desainer baru maupun yang lama untuk mendapatkan referensi produk bahkan tren desain dari ratusan merek yang ada di dalam pameran ini,” ucap Rohadi.

Dirinya melanjutkan, “Masyarakat pecinta interior desainer juga bisa datang ke stan HDII untuk berdiskusi mengenai interior desain. Tidak hanya stan, HDII juga akan mengadakan sertifikasi profesi interior desain, pelatihan kompetensi hingga seminar-seminar desain interior yang terbuka untuk umum selama pameran ini berlangsung,” lanjutnya.

Program pelatihan tidak hanya dari HDII, tetapi juga dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta. “Kami akan menghadirkan pelatihan satu hari terkait dengan Kode Etik Profesi. Pelatihan ini sangat baik dan wajib diikuti oleh para arsitek Indonesia khususnya di Jakarta agar semakin memahami peranan, hak, dan juga tanggung jawab profesinya. Pelatihan ini sangat penting untuk diikuti,” komentar Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, Doti Windajani, IAI, AA.

Tak hanya sampai disitu, pameran ini juga didukung oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat, Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Jangan lewatkan keseruan dan juga inovasi terbaru dari ratusan merek dari produk bahan bangunan, interior, arsitektur dan juga keramik di pameran ini, mulai tanggal 23 hingga 26 Februari di Hall A & B, Jakarta Convention Center. Pameran ini tidak dipungut biaya. Pendaftaran sebagai pengunjung dapat dilakukan secara online melalui di website www.megabuild.co.id atau www.keramika.co.id

Follow Instagram Megabuild Indonesia dan Keramika Indonesia di @megabuildindo dan @keramikaid untuk informasi lebih lanjut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *