Temukan Berita Terbaik

BeritaKepolisian

Apel Gelar Pasukan dan Gladi Lapang, Sinergitas TNI, Polri, dan Pemerintah Kota Pasuruan Siap Hadapi Bencana

Polresta Pasuruan – Dalam rangka menghadapi Bencana Hidrometrorologi Tahun 2023 – 2024 di wilayah Kota Pasuruan, dilaksanakan Apel Gelar Pasukan dan Gladi Lapang yang dipimpin langsung oleh Walikota Pasuruan Drs. H. Saifullah Yusuf. Kegiatan bertempat di Lapangan Depan Kantor BKD Jl. Pahlawan No. 28 Kota Pasuruan.

Hadir dalam Apel Gelar Pasukan dan Gladi Lapang, Kapolres Pasuruan Kota AKBP Makung Ismoyo Jati, S.I.K., M.I.K., Kabagops Polres Pasuruan Kota Kompol Tatuk S. Irianto, S.H., M.H., Danramil 0819/25 Gadingrejo Kapten Czi Bahrain, dan Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan Samsul Hadi, S.E. serta tamu undangan.

Dalam amanatnya Walikota Pasuruan menyampaikan, Kota Pasuruan adalah kota yang memiliki 8 potensi bencana. adapun bencana yang paling berpotensi terjadi adalah banjir, angin kencang dan banjir rob karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa Kota Pasuruan adalah kota yang berbatasan langsung dengan wilayah laut.

Dengan adanya peningkatan intensitas dan frekuensi bencana yang beragam sebagaimana dimaksud, maka perlu adanya tindakan dan upaya penanggulangan bencana di Kota Pasuruan secara komprehensif, multi sektor, terpadu dan terorganisir dengan baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah serta masyarakat.

“Kegiatan ini nantinya akan dilanjutkan dengan simulasi atau gladi lapang penanganan darurat bencana di Kota Pasuruan dalam rangka untuk meningkatkan tingkat kesiapsiagaan kita terhadap bencana yang akan terjadi.” Kata Walikota.

Drs. H. Saifullah Yusuf menambahkan, Maka dari itu partisipasi dan keterlibatan warga dalam upaya penanggulangan bencana sangatlah penting. melibatkan warga diharapkan menjadi salah satu langkah dalam upaya pencegahan, kesiapsiagaan, pengurangan resiko bencana serta peningkatan kapasitas untuk pemulihan pasca keadaan darurat bencana. hal tersebut berarti bahwa tanggap darurat bencana bukan hanya tanggung jawab dari satu pihak saja, namun hal tersebut juga menjadi tanggung jawab bersama yaitu kita sebagai warga Kota Pasuruan.

Upacara selesai dilanjutkan dengan pemeriksaan alat dan persiapan Gladi Lapang yang di lakukan oleh BPBD, TNI, Polri, kelompok organisasi relawan dan Kelurahan tangguh bencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *