Temukan Berita Terbaik

BeritaKabar

Telkomsel Optimalkan Jaringan Internet Jelang KTT ASEAN 2023

Jakarta, Komite.id – Operator telekomunikasi Telkomsel menyiapkan layanan internet broadband dan akses jaringan untuk mendukung Konferensi Tingkat Tinggi atau Summit ASEAN ke-43 yang akan digelar pada 5 hingga 7 September 2023 di Jakarta.

“Telkomsel konsisten untuk terus berpartisipasi aktif dan berkontribusi terhadap kelancaran pelaksanaan rangkaian kegiatan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, yang akan menjadi ajang berbagai pertemuan bilateral di antara para pemimpin negara untuk menguatkan pencapaian visi ASEAN 2045 dengan memastikan kelembagaan ASEAN yang kuat dan kokoh,” ujar Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan dilakukan pada lebih dari 2.590 stasiun BTS berkecepatan tinggi, termasuk tambahan 149 stasiun BTS 4G/LTE dan 5 stasiun BTS mobile kompak aktif (COMBAT).

Hal ini untuk memprediksi potensi puncak lalu lintas komunikasi di beberapa bidang, seperti akomodasi, lokasi rangkaian KTT ASEAN ke-43, hub transportasi seperti bandara, penerbangan dan tempat wisata.

Selain itu, Telkomsel juga menambah dan memperluas jangkauan jaringan 5G dengan menggelar tambahan infrastruktur pada 7 BTS 5G yang telah menjangkau beberapa lokasi acara KTT ASEAN 2023.

Dikutip dalam siaran pers, Selasa (9/5), perseroan juga menyiapkan kartu perjalanan prabayar ASEAN Summit Edition 2023 dengan limit data hingga 200 GB. Sejumlah titik layanan pelanggan juga dipasang di lokasi seperti bandara dan media center untuk memenuhi kebutuhan registrasi kartu perjalanan prabayar dan IMEI perangkat seluler.

Poin tersebut juga digunakan untuk paket data dan isi ulang pulsa, aktivasi layanan jaringan 5G serta aktivasi layanan digital seperti MAXstream, Dunia Games dan lain-lain.

Perwakilan Delegasi Tingkat Tinggi ASEAN ke-43 yang menggunakan layanan di negara tuan rumah juga dapat mengaktifkan layanan roaming internasional di Indonesia.

Telkomsel menyatakan telah menjalin kerja sama dengan 382 perusahaan telekomunikasi seluler dari 180 negara di dunia, termasuk negara-negara yang delegasinya menghadiri KTT ASEAN ke-43 yang akan digelar di Indonesia.

Kolaborasi Telkomsel mencakup kemitraan roaming 4G/LTE, dengan setidaknya satu perusahaan telekomunikasi seluler dari setiap negara, serta kemitraan roaming 5G dengan beberapa negara. Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho mengatakan dukungan ini melanjutkan keberhasilan mereka dalam menyediakan konektivitas digital pada KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, NTT pada Mei 2023.

Menurut Nugroho, KTT ASEAN ke-43  di Jakarta akan menjadi ajang berbagai pertemuan bilateral antar pemimpin negara, guna meningkatkan realisasi Visi ASEAN 2045, memastikan kelembagaan ASEAN kuat dan tangguh.

“Kami berharap dukungan Telkomsel dalam menjaga kelancaran rangkaian forum internasional dapat memperkuat peran Indonesia sebagai motor penggerak yang terus membuka peluang strategis menuju masa depan kawasan yang lebih baik.” ujar Nugi.

“Khususnya dengan mengedepankan tiga pilar pencapaian utama KTT ASEAN 2023, yaitu membahas isu-isu ASEAN, memperkuat fokus pertumbuhan dan menerapkan perspektif ASEAN  on India Ocean-Pacific (AOIP), dapat terwujud dalam konteks pertumbuhan ekonomi dan keberlanjutan. pembangunan di kawasan Asia Tenggara,” tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Informasi dan Komunikasi (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membuka ASEAN Press Room pada KTT ASEAN ke-43 pada Senin (4/9). Budi Arie percaya bahwa saat ini, nilai-nilai yang berpusat pada masyarakat diperlukan untuk mendorong kesetaraan dalam komunitas Asia Tenggara.

“Salah satu cara untuk mendorong people center adalah dengan membentuk ASEAN News Bureau. Meningkatkan sinergi pemberitaan antar kantor berita negara,” kata Budi Arie kepada grup media ASEAN.

“Melalui kerja sama antar kantor berita ASEAN, negara-negara anggota dapat bertukar informasi dan mengaktifkan berita.”

Dalam pemaparannya, Biro Berita ASEAN mampu menciptakan kerja sama antar kantor berita dari berbagai negara anggota ASEAN dalam pertukaran informasi.

“Ini merupakan keseriusan ASEAN dalam membangun dan mewujudkan people center. “Selain sebagai wadah kerja sama redaksi ASEAN, juga dapat menayangkan berbagai program, pertunjukan dan pencapaian ASEAN yang aktual dan terkini,” kata Budi.

Pada KTT ASEAN, Kominfo mendukung pendirian media center yang dapat digunakan oleh mitra media selama acara berlangsung.

Pusat media ini juga akan menjadi pusat editorial ASEAN pertama yang berpartisipasi dalam menyukseskan agenda KTT ASEAN ke-43.

“ASEAN Press Room tidak hanya beroperasi sementara, namun akan terus beroperasi hingga akhir acara,” kata Budi. Kantor Pers ASEAN akan berlokasi di Jakarta, tepatnya di Gedung LKBN Antara.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *